img
News
Free HTML5 by FreeHTMl5.co January 1, 2018

INHUTANI II LAKUKAN UJICOBA TANAMAN KACANG SACHA INCHI DI UMHT TANAH GROGOT

 

DESA KERANG, TANAH GROGOT, INHUTANI II (01/10/2021) | dalam rangka mencari komoditas yang cepat menghasilkan dan bernilai tinggi pada Unit Manajemen hutan Tanaman (UMHT) Tanah Grogot dilakukan ujicoba tanaman Sacha Inchi atau biasa disebut juga kacang Inca dengan nama latin Plukenetia volubilis sebanyak 200 pokok tananam di areal persemaian.

Tanaman Sacha Inchi berasal dari Hutan Amazon yang memiliki multi manfaat karena kandungan Omega 3, 6 dan 9 nya 17 x lebih tinggi dari kandungan yang ada di ikan Salmon.  Sacha Inchi dimanfaat selain bijinya bisa juga daunnya untuk dibikin teh. Biji kacang bisa dijadikan camilan sehat dengan cara disangrai atau diolah untuk diambil minyaknya yang mempunyai harga cukup mahal sebagai obat herbal. Tanaman tersebut umur 5 bulan sudah mulai berbunga dan bulan ke 8 sudah bisa dipanen. Berbuah sepanjang tahun dan sesuai literatur bisa mencapai umur tanam sampai 10 tahun.

Manager Senior UMHT Tanah Grogot, Adi Witoyo menyebutkan bahwa sejauh ini budidaya Sacha Inchi baru dilirik sebagian kecil petani lokal, dan dari tanaman ujicoba  sebanyak 200 pokok terlihat  tumbuh dengan baik dan berbuah lebat, kedepan pengembangan tanaman kacang Sacha Inchi ini diharapkan dapat melibatkan masyarakat sekitar hutan untuk memperluas lahan penanaman dan  meningkatkan perekonomian serta membangun sinergisitas antara PT Inhutani II dan masyarakat sekitar hutan dengan mengolah hasil panen sebagai produk termasuk minyak yang harga jualnya sangat bagus.

Lebih lanjut Adi menyampaikan dari pengamatan bahwa tanaman Sacha Inchi ini cenderung tahan terhadap cuaca ekstrim, baik saat musim kemarau maupun musim hujan. Yang harus diperhatikan adalah penanganan yang tepat untuk perambatan agar berbuah lebat.

Di tengah-tengah kunjungan kerja Kepala Divisi Pengembangan Bisnis, Produksi dan Pemasaran PT Inhutani II, YP. Kurniawan menyatakan bahwa untuk mencapai tujuan dari pengembangan tanaman Sacha Inchi ke depan dengan melibatkan masyarakat, PT Inhutani II perlu melakukan uji coba hingga ke tingkat off farm dan pengamatan yang lebih mendalam untuk budidaya serta antisipasi terhadap hama penyakit untuk menghindari kegagalan. Pengemasan dan survey pasar juga perlu diperhatikan. (ER)

Berita lainnya

INHUTANI II TERIMA PENGHARGAAN DARI DISNAKERTRANS DAN BPS PROVINSI KALTARA

TARAKAN, INHUTANI II (11/11/2021) | PT Dhiya Iffah-2021-11-11

ini isi beritanya :

INHUTANI II TERIMA PENGHARGAAN DARI DISNAKERTRANS DAN BPS PROVINSI KALTARA

TARAKAN, INHUTANI II (11/11/2021) | PT Inhutani II menerima 2 penghargaan dari Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) serta Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Utara "..... Selengkapnya


"