Berita lainnya


E2E



Deskripsi :



Produk yang memiliki dua sisi lengkung  Selengkapnya




WINDOW FRAME



Deskripsi :



Salah satu bagian dari konstruksi  bangunan yang Selengkapnya




SOLID PANEL DOOR



Deskripsi :



produk unggulan PT Inhutani berupa lembar Selengkapnya




HIRAWARI



Deskripsi :



Produk profil dekorative yang terbuSelengkapnya




MULTILAYER



Deskripsi :



Produk olahan kayu laminasi terdiri dari  beberapa Selengkapnya




DECORATIVE PROFILE



Deskripsi :



Produk olahan kayu berupa Profile daSelengkapnya



87641-

Inhutani II Ikuti rangkaian Dirgahayu Polairud Polres Paser



PASER, TANAH GROGOT, INHUTANI II (12/11/2021) | Inhutani II Unit Manajemen Hutan Tanaman (UMHT) Tanah Grogot ikut berpartisipasi dalam rangkaian Dirgahayu Polairud Polres Paser, Kalimantan Timur yang ke 71 pada Kamis (11 November 2021) bersama instansi lainnya yang berada di lingkup Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.



Rangkaian Acara dimulai pada pagi hari pukul 8.00 Wita ..... Selengkapnya



34349-

INHUTANI II TERIMA PENGHARGAAN DARI DISNAKERTRANS DAN BPS PROVINSI KALTARA



TARAKAN, INHUTANI II (11/11/2021) | PT Inhutani II menerima 2 penghargaan dari Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans) serta Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) secara berturut-turut.



Pada acara penutupan kegiatan pemagangan dalam negeri tahun anggaran 2021 yang diadakan oleh Disnakertrans, PT Inhutani II menerima penghargaan atas kegiatan pemagangan di bidang tenaga penguji kayu rimba di Hotel Royal Tarakan, Kaltara pada ..... Selengkapnya





PT Inhutani II lakukan Rehab DAS di Taman Nasional Kutai, Kalimantan Timur



SAMARINDA, INHUTANI II (15/10/2021) | PT Inhutani II lakukan kegiatan penanaman dalam rangka Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (Rehab DAS) di Taman Nasional Kutai, Kalimantan Timur.



Dalam rangka rehabilitasi Daerah Aliran Sungai PT Inhutani II terpilih sebagai kontraktor penanaman dan pemeliharaan dari PT Kideco Jaya Agung untuk melakukan penanaman di Blok XXX yang berlokasi di areal Taman ..... Selengkapnya




Berita : 163


BUDIDAYA SARANG BURUNG WALET

Malinau, INHUTANI II (20/11/2020) by Erico Febrian

Budidaya sarang burung walet menjadi salah satu yang dipilih untuk pengembangan usaha PT. Inhutani II karena prospeknya yang dinilai menjanjikan. Usaha budidaya burung walet di Kalimantan Utara khususnya di Malinau juga menjadi peluang usaha yang diminati masyarakat. Diantara kelebihan dan kemudahan usaha sarang burung walet adalah tidak memerlukan tempat yang luas, efisien tenaga kerja, harga sarang burung yang tinggi dan stabil, serta tidak terpengaruh musim dan cuaca.

Atas dasar instruksi Direksi PT Inhutani II untuk mencari peluang usaha, maka GM PT Inhutani II Kaltara & Kaltim (Bp. YP Kurniawan, S.Hut) berinisiatif membuat Rumah burung walet dengan memanfaatkan aset yang ada di sekitar Base Camp Tanjung Lapang - Malinau - Kalimantan Utara.

Bulan Agustus tahun 2018 menjadi awal mula usaha ini dilakukan oleh PT Inhutani II di Malinau - Kalimantan Utara. Rumah burung walet ini dibangun dengan memanfaatkan aset yang ada yaitu eks bangunan kantor bengkel yang direnovasi dengan luas bangunan 4,70 m × 11,70 m. Desain bangunan sarang burung walet ini terdiri dari 3 lantai ruang inap dan 1 rumah monyet ukuran 2,5 m × 3 m di lantai paling atas (sebagai pintu keluar masuk burung).

Usaha baru yang dikembangkan PT Inhutani II sudah mulai terlihat hasilnya, sampai saat ini sudah ada tiga kali percobaan panen yang dilakukan, namun sarang burung walet yang dihasilkan belum bisa dijual karena belum cukup untuk sekali penjualan. Sarang burung walet yang sudah dipanen sebanyak 3 kali diperkirakan beratnya masih 200 gram. Ada 3 jenis hasil panen yang menjadi kriteria dalam penjualan. Sarang burung terbaik yang dihasilkan berbentuk mangkok, lalu sudut, dan patahan merupakan hasil harga terendah. Informasi harga sarang burung saat ini, yaitu bentuk mangkok dihargai Rp. 14 jt/kg, bentuk sudut dengan harga Rp. 9 jt/kg, dan bentuk patahan dengan harga Rp. 6 jt/kg.

Kekurangan kelengkapan Rumah burung walet saat ini adalah perlu adanya sarnet sebagai pelindung rumah burung walet dari panas matahari (pengaturan suhu) dan perlu solar sel untuk mempertahankan rekaman suara burung ketika listrik padam.

Saran untuk kelanjutan bisnis ke depan adalah perlu penambahan bangunan untuk memperbesar potensi dari koloni yang sudah ada, agar produksi sarang burung menjadi lebih banyak sehingga pemanenan dan penjualan sarang burung dapat dilakukan setiap bulan. Menurut pendapat saya, budidaya sarang burung ini memiliki prospek yang cukup baik dan sangat menjajikan memperoleh pendapatan tambahan asalkan dikelola dengan manajemen dan persiapan yang baik.  Saya berharap semoga usaha sarang burung walet ini dapat berhasil dengan baik, sehingga dapat menopang eksistensi PT Inhutani II ke depan. Amin (Editor, SGD)